Peningkatan Kualitas Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Media Permainan sebagai Upaya dalam Menambah Wawasan Keberagaman Budaya pada Siswa SD

 Di era saat ini siswa perlu dibekali dengan landasan pendidikan kewarganegaraan yang kuat. Oleh karena itu dibuatlah kegiatan pengabdian masyarakat oleh Universitas Negeri Malang yang juga digunakan sebagai tugas akhir mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Seperti yang dilakukan oleh kelompok 7 dari kelas B10 angkatan 22 yang telah melaksanakan pengabdian masyarakatnya dengan kegiatan pembelajaran yang inofatif di SD Negeri Tangkilsari 1, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 18 November 2023.

Mahasiswa Universitas Negeri Malang yang beranggotakan tujuh orang ini melakukan kegiatan pembelajaran kreatif melalui media permainan Roda Budaya yang ditujukan kepada para siswa kelas dua SD Negeri Tangkilsari 1. Dengan permainan Roda Budaya para siswa diajak untuk mengenali berbagai budaya yang ada di Indonesia melalui gambar-gambar yang ditempel di Roda Budaya tersebut. Dinamakan Roda Budaya karena alas gambar yang digunakan berbentuk bulat dan dapat diputar menyerupai roda, ketika diputar anak panah di Roda Budaya akan menunjukan satu tempat dan para siswa bisa menyebutkan apa saja budaya pada tempat yang ditunjuk panah tersebut.

Adanya kegiatan ini juga disambut hangat oleh para siswa dan guru yang mengajar di sana. “Sekolah kami ini merupakan sekolah penggerak, jadi kami senang apabila ada mahasiswa-mahasiswa yang membantu mengajar di sini karena bisa saling berbagi media dan cara mengajar yang baru” ujar Anik selaku guru di SD Negeri Tangkilsari 1 (7/11/2023).

Pembelajaran dengan menggunakan Powerpoint dan permainan Roda Budaya ini merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dipilih oleh kelompok 7 dengan tujuan agar para siswa dapat mengingat budaya-budaya khas dari tiap daerah di Indonesia. “Anak-anak itu sangat suka dengan pembelajaran yang atraktif, seperti PPT dan game yang bergambar agar mereka tidak bosan.” Tambah Anik selaku guru SD Negeri Tangkilsari 1 (7/11/2023). Setelah kegiatan mengajar dengan menggunakan Powerpoint, para siswa diajak untuk bermain sekaligus belajar dengan menggunakan roda budaya. Permainan ini sesuai dengan materi yang terdapat dalam Powerpoint. Para siswa dilatih untuk mengingat pulau-pulau besar yang ada di Indonesia. Selain itu, mereka juga dilatih untuk mengingat dengan cara menempelkan gambar rumah adat, makanan khas, dan pakaian adat yang sesuai dengan pulau masing-masing. Setelah kegiatan ini selesai, dilanjutkan dengan kegiatan tebak-tebakan. Siswa yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar akan diberi hadiah. Untuk kegiatan penutup, setiap siswa diberi makanan ringan sebagai hadiah.

Para siswa kelas dua SDN Tangkilsari 1 merupakan anak-anak yang aktif sehingga sangat cocok bila pembelajaran yang digunakan berupa media permainan. Selama pembelajaran, mereka sangat antusias dengan berlomba-lomba menjawab pertanyaan pemantik terkait materi yang diberikan. “Kakak, belajarnya asik. Aku suka, Kak. Kapan-kapan kakak-kakak kesini lagi ya. Seru banget!” Ucap Bianca, salah satu siswa kelas dua SD Negeri Tangkilsari 1 terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan oleh kelompok 7.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Narative text

Aku Milikku